Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Banyak kasus ketika sudah mengirimkan banyak berkas lamaran kerja namun tak ada satupun yang berhasil lolos masuk ke tahap interview. Apakah ada yang salah, tapi apa? Yuk sama-sama belajar membuat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar agar bisa lekas dapat penghasilan.

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Baik dan Benar

Kejadian mengirimkan surat lamaran kerja namun tak kunjung diterima merupakan sebuah hal yang sering terjadi. Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhinya, dibawah ini merupakan penjelasan serta pelurusan agar Anda bisa mulai membuat surat lamaran kerja khususnya untuk fresh graduated.

Jangan Hilangkan Poin Penting Dalam Lamaran Kerja

Dalam sebuah lamaran kerja pastinya ada poin-poin penting yang tidak boleh dihilangkan, karena akan membuat dokumen tersebut menjadi tidak menarik lagi. Jika sudah demikian pastinya pihak tim recruitment akan menolak dan langsung skip ke kandidat selanjutnya. Poinnya antara lain adalah

  • Tempat dan tanggal surat dibuat
  • Nama perusahaan dan HRD yang dituju
  • Mengucapkan salam biasanya “Dengan Hormat”
  • Kata Pengantar ( lebih baik ada )
  • Biodata pribadi secara singkat saja namun jelas
  • Latar belakang pendidikan serta pengalaman bekerja
  • Kemampuan dasar di bidang tersebut
  • Kemampuan tambahan yang bisa jadi bahan pertimbangan
  • Penutup

Jangan Copy Paste Terlalu Banyak

Surat lamaran kerja memang memiliki format yang itu-itu saja, namun bukan berarti semuanya harus And ikuti tanpa adanya penambahan dan penekanan pada poin-poin tertentu. Usahakan jika ingin copy paste seperlunya saja, jangan terlalu berlebihan mengikuti template gratisan.

Sekarang ini memang sudah banyak sekali aplikasi menawarkan template surat lamaran maupun edit CV gratis, namun hak tersebut rupanya tidak begitu disukai oleh pihak HRD. Alasannya memang karena terlalu monoton dan tidak bisa membaca karakter masing-masing pelamar.

Tidak Usah Bertele-tele

Satu lagi kesalahan yang sering diperbuat oleh pelamar ketika menulis surat lamaran kerja adalah terlalu bertele-tele. Padahal cukup pakai kalimat singkat, padat, jelas saja maka hal tersebut akan lebih disukai oleh pihak HRD. Fokuskan pada kemampuan serta kredibilitas yang Anda miliki.

Sebagai pelamar kerja memang penting menuliskan lamaran kerja sesuai dengan kemampuan agar saat pertemuan pertama kesannya bagus. Usahakan selalu menulis kalimat singkat, padat, jelas saja, karena untuk bercerita nanti pasti ada kesempatannya yakni saat interview.

Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Yogyakarta 22 Januari 2021

Kepada Yth. Bapak/Ibu Pimpinan

PT. BOGASARI INDAH

JL. Godean Yogyakarta

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari akun instagram Jogjalowker, dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Staff Packing di PT. BOGASARI INDAH. Dengan ini saya sertakan pula data-data diri seperti berikut ini

Berikut data pribadi saya :

Nama                              : Lailatul Hikmah

Tempat/Tanggal lahir   : Yogyakarta. 3 Februari 2001

Pendidikan Terakhir    : SMA

Alamat                            : Jl. Karya Buana Palagan Yogyakarta

Telepon/Hp                     : 081-354-877-187

Status                              : Single

Saat ini saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. Saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris pasif, serta siap bekerja secara mandiri maupun tim. Berikut dokumen pelengkap sebagai bahan pertimbangan.

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Ijazah terakhir dilegalisir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi
  5. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  6. Fotokopi SKCK terbaru
  7. Pas Foto 3×4 berwarna

Demikianlah surat permohonan ini saya buat, sekali lagi besar harapan saya untuk diberikan kesempatan menuju tahap interview. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

 

Lailatul Hikmah

Seperti itulah contoh membuat lamaran pekerjaan untuk fresh graduate. Memang sangat penting untuk mencantumkan beberapa lembar sertifikat sebagai bahan pertimbangan agar Anda bisa lebih unggul dibandingkan kandidat lainnya.