Wajib Tahu! Berikut 5 Pertolongan Pertama Serangan Sesak Napas Sesuai Rekomen SehatQ

sesak napas

Pada dasarnya, sesak napas terjadi ketika seseorang kekurangan pasokan udara untuk bernapas. Kondisi demikian disebabkan karena si penderita sedang kelelahan. Serangan sesak napas terjadi di waktu yang tak terduga. Oleh sebab itu, kenali pertolongan pertama arahan sesak napas menuju ke portal direktori penyakit SehatQ.

Mengintip Pertolongan Pertama Sesak Napas Sesuai Arahan Portal SehatQ

  1. Mencari Bantuan Pihak Medis Sesegera Mungkin

Selain kelelahan, sesak napas juga bisa disebabkan oleh kondisi serius lainnya. Misalnya, serangan jantung, asma, emboli paru, dan pneumonia. Kondisi serius tersebut dapat menyebabkan seseorang dalam bahaya. Jika anda menemui seseorang yang terserang sesak napas, sebaiknya segera hubungi bantuan medis agar mendapatkan penanganan cepat dan tepat.

Usahakan untuk tidak berkerumun di sekitar orang yang sedang terserang sesak napas. Berilah lahan terbuka padanya agar pasokan udara tidak terjebak diantara kerumunan. Jangan berikan tindakan apapun yang belum diketahui pasti kebenarannya. Sebaliknya, segera hubungi ahli medis dengan cepat agar pasien dapat tertangani secara tepat.

  1. Jangan Menunggu Bantuan Medis Yang Terlalu Lama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bila anda menemui seseorang yang terserang sesak napas maka segeralah untuk menghubungi ahli kesehatan atau memperoleh arahan sesak napas dengan menuju ke direktori penyakit SehatQ. Sembari menghubungi bantuan medis, lihat kondisi orang tersebut. Jika bantuan medis terlalu lama, anda bisa mengantarkannya.

  1. Melonggarkan Apapun Yang Ketat Yang Digunakannya

Satu hal yang bisa anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama kepada penderita sesak napas, ialah melonggarkan apapun yang dikenakannya. Baik itu baju, celana, helm, atau tas harus anda longgarkan. Segala sesuatu yang bersifat ketat akan semakin membuat dirinya kesulitan bernapas. Pasalnya, pasokan udara atau oksigen tidak dapat diterima dengan maksimal.

Ingat, jangan melakukan tindakan apapun yang anda sendiri tidak tahu pasti mengenai kebenarannya. Dikhawatirkan tindakan yang anda berikan justru malah membuat si penderita dalam kondisi lebih parah. Satu satunya hal yang bisa anda lakukan ialah mengecek kondisi orang tersebut dan melonggarkan apapun yang telah dikenakannya.

  1. Buatlah Orang Tersebut Berada Di Posisi Paling Nyaman

Sebenarnya, terdapat beberapa posisi yang dapat membuat aliran udara teralir dengan sempurna. Untuk mengatasinya mengunjungi direktori penyakit dapat menjadi cara yang sangat tepat. Cara amannya, anda bisa memberikan posisi yang nyaman. Dengan perasaan nyaman, si penderita akan jauh lebih rileks. Orang tersebut dapat menerima pasokan udara sedikit demi sedikit.

  1. Menutup Bagian Luka Terbuka Jika Ada

Apabila anda menemukan adanya luka, maka segeralah menutupnya. Apalagi jika luka tersebut memunculkan gelembung udara yang banyak. Sebagai informasi, udara yang masuk ke dalam luka dapat membuat paru paru kolaps. Jika hal demikian terjadi, maka nyawa dari si penderita akan lebih terancam. Oleh sebab itu tutuplah luka dengan kain kasa.

  1. Jangan Pernah Memberinya Makanan Atau Minuman

Tak sedikit orang yang memberikan minuman kepada penderita sesak napas. Padahal, perlakuan tersebut sangatlah keliru. Memberikan makanan atau minuman kepada pasien sesak napas dapat membuatnya tersedak. Selain itu, anda bisa lebih memperparah sesak napasnya. Oleh sebab itu, hubungi arahan sesak napas menuju ke portal sesak napas SehatQ.

Sesak napas umumnya terjadi dengan frekuensi yang sering. Oleh sebab itu, bagi anda yang menderita penyakit tersebut, harus mendapat perhatian medis. Anda juga perlu memperoleh beragam informasi secara mendetail mengenai sesak napas. Untuk bisa memperoleh informasinya, anda dapat mengunjungi portal SehatQ.