Beberapa Macam Tas Kamera yang Sering Digunakan

tas kamera

Tas kamera sendiri saat ini sudah tersedia dengan berbagai model dan bentuk. Manfaatnya adalah untuk melindungi perangkat tersebut agar saat terjadi benturan atau gesekan yang dapat menimbulkan efek parah. Sebelum membelinya tentukan kebutuhan terlebih dahulu agar tidak kebingungan.

Beberapa Macam Tas Kamera

Memiliki tas kamera merupakan suatu keharusan terutama yang suka traveling atau seorang fotografer. Sebenarnya biasanya sudah ada bawaan, namun karena suatu hal biasanya banyak yang mencari jenis lain sesuai kebutuhan untuk mempermudah saat membawanya nanti.

  1. Rolling Case (Tas Troli)

Bentuk dari tas jenis ini layaknya koper, dengan wilayah lebih luas sehingga akan muat lebih banyak perlengkapan. Perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua fotografer profesional menggunakan rolling case karena beberapa alasan misalnya terlalu besar sehingga membuat tidak leluasa bergerak terutama saat di alam.

Penggunaannya seringkali untuk pemotretan pada alam yang dikonsep misalnya saja membuat buku tahunan sekolah, pre wedding, promosi wisata, dan sebagainya. keunggulan lainnya adalh kamera lebih aman berada di dalamnya terutama saat menempuh jalan terjal.

  1. Sling Bag

Sling bag sendiri merupakan kombinasi antara jenis ransel dan selempang. Tujuannya untuk mengefektifkan kegunaannya serta membuat penggunanya semakin nyaman. Kapasitasnya cenderung besar dan dapat menampung beberapa perlengkapan pemotretan baik lensa, aksesoris, tripod, atau lainya.

Pengguna jenis ini tidak disarankan membawa terlalu banyak barang, karena pegalikasiannya disangga satu wilayah saja sehingga akan membuat bahu dan leher cepat lelah. Keunggulan lainnya model tersebut bisa menambah penampilan semakin menarik dan tentunya kekinian.

  1. Messenger bag (Tas Selempang)

Tas kamera selanjutnya adalah jenis selempang, cara pakainya yaitu dengan menyelempangkannya pada badan. Bentuk satu ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas, bawaan dari kamera seringkali memiliki bentuk tersebut.

Jenis tersebut pada umumnya dapat menampung satu buah DSLR, lensa, charger atau flashgun. Tas ini menjadi favorit masyarakat pada umumnya, karena saat dibawa selain praktis juga cepat jika ingin ingin mengambil kamera di dalamnya, karena tempatnya berada di samping.

  1. Backpack (Tas Ransel)

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan jenis satu ini. Modelnya sering hampir sama dengan yang digunakan saat sekolah atau biasa disebut tas punggung.  Umumnya fotografer profesional memilihnya karena bisa memuat perlengkapan tambahan misalnya tripod, lensa tambahan, dan lainnya.

Keunggulan lainnya pada beberapa model dilengkapi dengan space khusus untuk menyimpan laptop  di dalamnya berdampingan dengan kamera beserta perlengkapan lainnya. Hal ini tentu sangat menguntungkan terutama saat melakukan perjalanan jauh.

  1. Holster dan Pouch

Tas pouch merupakan jenis yang digunakan untuk menaruh kamera dengan ukuran kecil sampai sedang. Hal ini memperhatikan dari segi kepraktisannya, sehingga saat digunakan akan terlihat lebih ringkas dan simpel. Sangat cocok jika dibawa untuk traveling atau kegiatan lainnya.

Saat Anda ingin menggunakan tas pouch versi besarnya tidak perlu khawatir karena sudah ada jenis holster. Ukurannya sendiri lebih luas, biasanya diaplikasikan untuk membawa kamera dengan lensa panjang. Umumnya kedua model tersebut dikaitkan dengan celana atau sabuk, sehingga lebih praktis.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan Tas kamera yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini untuk berbagai keperluan fotografi. Sebelum membelinya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan misalnya dari segi kualitas, harga, serta tingkat keamanan untuk melindungi perlengkapan di dalamnya.