Ketahui Cara Membuat Website Mudah dan Gratis untuk Pemula Berikut Ini!

Mempunyai sebuah situs berkualitas sebenarnya tidak sulit, namun diperlukan beberapa langkah untuk mewujudkannya. Agar bisa mendapatkan kualitas tersebut, Anda harus mengetahui cara membuat website mudah dan gratis terlebih dahulu. Nah, di bawah ini beberapa panduan singkatnya.

Cara Membuat Website yang Mudah dan Gratis

Untuk membuat sebuah web, Anda tidak perlu jago soal bahasa pemograman. Hanya dengan beberapa langkah saja, seseorang bisa memiliki situs berkualitas. Tenang, caranya relatif mudah dan tidak menghabiskan banyak biaya. Nah, berikut adalah beberapa tips terbaik yang dapat dilakukan di rumah.

1. Mengetahui Tujuan Utama Membuat Web

Salah satu hal yang perlu dilakukan ialah menentukan tujuan mengapa membuat website. Ada beberapa alasan antara lain: branding diri, menjual produk dan blog informatif. Setelah mengetahui tujuan utama tersebut, Anda bisa menyesuaikannya dengan konten web agar pengunjung tertarik membacanya.

Adanya penentuan tujuan pembuatan web di awal ini agar tercipta keserasian antara website dan kontennya. Sebagai contoh, jika Anda membuat blog tentang makanan, maka disarankan memilih nama yang berhubungan dengan kuliner. Penyesuaian itu membuat situs menjadi lebih berkualitas.

2. Menyewa Domain serta Hosting

Setelah menentukan tujuan dibuatnya website, maka segera cari penyedia domain serta hosting ternama. Jangan asal menyewa di perusahaan abal-abal sebab hasilnya kurang berkualitas. Akan lebih baik bila Anda memanfaatkan promo terbaik dari Domainesia.

Diskonnya sangat menggiurkan karena Anda bisa mendapatkan sewa 1 tahun dengan bayar setengahnya saja. Hosting promo ini berlaku untuk registrasi awal maupun perpanjangan situs. Bila tertarik menyewanya, jangan ragu untuk segera memesan.

3. Memakai Instan Deploy

Nah, setelah menyewa domain beserta hosting, saatnya menggunakan Instan Deploy. Jika memakai fasilitas tersebut, pemilik web bisa lebih mudah ketika membuat website tanpa harus mengenal bahasa pemograman.

Pemasangan Content Management System bisa terinstal dengan mudah berkat bantuan Instan Deploy. Bahkan, pemilik web hanya perlu mengingat username serta password. Selain itu, perlu disiapkan konten beserta gambar yang menyertainya. Adanya picture akan membuat tampilan jauh lebih menarik.

4. Memilih Platform yang Terbaik

Cara membuat website mudah dan gratis lainnya yakni memilih platform terbaik. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih, antara lain: Blogger, WordPress, Joomla! dan Drupal. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan Lavarel, Yii, Bootstrap dan Code igniter. Melakukan pemilihan ini sangat penting.

Tiap pilihan memiliki keunggulan masing-masing. Sebagai contoh, Blogger disukai karena terintegrasi otomatis dengan Adsense. Sementara itu, WordPress.com menyediakan tampilan tema serta plugin secara gratis. Jadi, pengguna dapat langsung menata situsnya dengan konten-konten yang dimiliki.

5. Menata Tampilan Web secara Menarik

Setelah menatanya, pastikan untuk menata desain situs menarik sehingga banyak pengunjung datang ke web. Ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu pada situs yang mirip dengan milik Anda. Selain itu, tampilannya sebaiknya disesuaikan dengan tema blog agar kepribadian website terlihat jelas.

Untuk penataan website sebaiknya dilakukan menggunakan Instant Deploy Domainesia. Fitur ini memudahkan para pemula sehingga menata web terasa sedikit lebih mudah. Anda hanya perlu mengganti template maupun tema demi mendapatkan situs yang sesuai dengan kepribadian.

6. Membuat Sistem Keamanan pada Website

Setelah menata web dan mengisinya dengan berbagai konten menarik, jangan lupa melindungi situs kesayangan menggunakan sistem keamanan ketat. Adanya pengaman ini akan menjaga website tetap aman sehingga aktivitas blog dapat berjalan lancar. Alhasil, pengunjung pun merasa nyaman.

Agar website aman, Anda bisa memasang SSL sebab ini akan membuat web Anda tetap terjaga. Selain itu, pihak Google pun lebih menyukai sertifikat tersebut. Alhasil, potensi berada di laman pencarian paling atas pun semakin besar jika menggunakan pengaman keren tersebut.

Untuk informasi selengkapnya mengenai tips cara membuat website mudah dan gratis bisa mengunjungi domainesia.com.

Demikian beberapa cara membuat website mudah dan gratis. Kini Anda mengetahui bahwa pembuatan sebuah situs tidak terlalu sulit. Pengguna hanya perlu menerapkan langkah-langkah di atas. Agar web semakin aman dari berbagai kendala, gunakan Domainesia sebagai hosting terpercaya.