3 Tips Memilih Masker Kain Non Medis

masker kain

Kebersihan dan kesehatan diri menjadi hal paling penting yang harus Anda perhatikan. Ditengah pandemi corona yang melanda seluruh wilayah di dunia termasuk Indonesia, Anda wajib mematuhi aturan pemerintah. Selalu cuci tangan Anda pakai sabun dan air mengalir, batasi aktivitas di luar ruangan dan pakai masker. Masker kain non medis direkomendasikan untuk mencegah risiko terkena penularan virus corona.

Memilih Masker non Medis

Memilih masker bahan kain bisa mencegah risiko kekurangan masker bedah yang harus digunakan orang-orang medis. Agar Anda tidak salah pilih bahan kain yang berkualitas, sebaiknya ketahui tips membeli masker terbaik berikut ini.

1. Memperhatikan Jenis Kain yang Digunakan

Di pasaran, Anda bisa menemukan jenis kain yang acap digunakan sebagai masker seperti kain katun, kain linen, kain lap dapur, dan lain-lain. Kain katun campuran mampu menangkal penularan virus corona yang berukuran 0,1 mikron hingga 70 persen. Hindari memilih jenis kain yang susah kering sebab memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi yang rentan terkena penularan virus.

Jenis kain yang tidak direkomendasikan antara lain kain spandeks, kain polyester, kain tenun, kain rajutan, dan lain-lain. Memilih bahan kain yang berkualitas akan mendukung risiko penularan virus corona atau jenis virus lain seperti flu.

2. Pilih Model Masker yang Bagus

Memang tidak ada patokan khusus dalam memilih model masker yang bisa menangkal virus corona. Namun, Anda wajib mempertimbangkan model masker yang mendukung efektivitas penangkal virus corona. Masker kain tiga lapis yang memiliki filter tisu lebih efektif dalam mencegah penyakit dibandingkan dengan masker bahan kain biasa saja.

3. Pastikan Cara Menggunakan Masker dengan Baik

Pilih model masker yang memiliki tali atau karet elastis agar bisa digunakan secara optimal. Masker harus menutupi wajah Anda bagian atas hidung hingga bawah dagu. Meskipun Anda suka dengan tampilan masker yang menarik dengan ide gambar atau desain kreatif, tetap utamakan kenyamanan selama memakai masker yang baik.

Bila perlu Anda bisa menggunakan perlindungan tambahan saat ke luar rumah seperti topi, kacamata dan sarung tangan. Memakai face shield bisa menjadi pilihan kalau Anda memang harus beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Interaksi dengan orang lain di tempat publik mewajibkan Anda untuk selalu waspada pada penularan via droplet saat batuk atau bersin.

Dewasa ini, Anda bisa mudah menemukan penjual masker di mana saja. Anda bisa membeli dengan harga yang terjangkau untuk menghemat pengeluaran selama masa pandemi. Toh, masker bahan kain mendukung upaya menjaga lingkungan bebas dari sampah masker sekali pakai.

Ingin tampil berbeda dengan masker kain yang memiliki desain menarik? Yuk, pilih custom model masker yang sesuai dengan pilihan Anda sekarang juga! Mau kembaran dengan anggota keluarga lain atau masker limited edition dengan kreativitas Anda sendiri, kenapa tidak?