Cerdas Memilih Sepatu saat Berolahraga

Sepatu olahraga atau umumnya disebut sneakers, pada mulanya didesain khusus untuk olahraga atau bentuk latihan fisik lainnya. Penamaan sneakers sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1887 sebagai nama yang diberikan kepada laki-laki yang membeli sepatu tenis. Dengan perkembangannya, sepatu olahraga atau sneakers ini didesain sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan setiap jenis olahraga. Oleh sebab itulah muncul macam-macam sepatu olahraga yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Running atau Training Shoes

Sepatu jenis ini memang diperuntukkan untuk aktivitas lari. Desain sepatu ini memberikan kesan empuk dan nyaman untuk membantu menyerap guncangan, ringan, dan memiliki kassa pada bagian atasnya. Kassa pada sepatu ini berfungsi untuk menjaga berat badan ketika turun dan mendinginkan kaki. Training shoes dibuat tingkatan untuk disesuaikan dengan gaya berlari. Apabila Anda hendak membeli sepatu untuk lari pagi, maka Anda bisa memilih training shoes dengan tingkatan standar.

2. Football Shoes

Sepatu sepak bola didesain khusus untuk disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kondisi permainan. Dengan cara bermain yang mudah berbelok, mengubah arah, mengoper, dan menendang, maka sepatu sepakbola diberi bantalan kecil yang tidak memiliki lengkungan untuk mengontrol pergerakan kaki. Pada bagian luarnya terdapat sol manik-manik atau berpaku yang memudahkan para pemain dalam mengontrol kaki setiap berlari. Sepatu sepakbola terdiri dari dua tipe, yaitu untuk lapangan keras dan lapangan lembut.

3. Sepatu Futsal

Sepatu futsal merupakan campuran desain antara sepatu sepakbola dan olahraga indoor. Bentuk atasan sepatu futsal dibuat mirip dengan sepatu sepakbola dengan tujuan mengontrol pergerakan kaki. Sementara itu, bagian bawahnya dibuat mirip seperti sepatu voli dan bulutangkis untuk menyesuaikan kondisi di lapangan. Adapun sepatu league x ist dapat Anda gunakan saat Anda akan melakukan olahraga futsal. Desain sepatu ini memang diperuntukkan bagi jenis olahraga yang sejenis dengan sepak bola.

4. Sepatu Tenis dan Bulutangkis

Sepatu olahraga tenis dan bulutangkis memiliki desain yang memudahkan pergerakan Anda ke samping. Untuk pergerakan ke samping diberikan penopang setengah kaki, cengkeraman, dan pendukung mata kaki. Sepatu ini berprofil rendah dengan tujuan disamakan dengan permukaan lapang. Pada bagian depan dan belakangnya memiliki bantalan serta karet yang tahan lama.

5. Sepatu Basket

Seperti yang kita ketahui, olahraga basket mengharuskan pemainnya berlari, melompat, berganti arah dengan cepat dan secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, sepatu basket didesain dengan tujuan menghindari cedera otot dan pergelangan kaki. Tingkat kestabilan sepatu basket sangatlah tinggi dengan bobot yang berat dan bentuknya yang kaku agar tidak selip. Sol pada sepatu basket pun lebih keras dan lebih lebar. Untuk beberapa jenis sepatu basket dilengkapi dengan pivot poin untuk memudakan perputaran penggunanya.

Demikianlah macam-macam jenis sepatu olahraga yang didesain sesuai kebutuhan. Dengan demikian, belilah sepatu sesuai dengan kegunaannya agar potensi cidera yang dialami tidak terjadi. Sepatu olahraga tersebut telah didesain untuk menghindari cidera setiap penggunanya.