kompasiana shared an article
February 15, 2018 08:00

Upaya Astra Infra Cegah Kendaraan Overload di Tol Tamer

Upaya Astra Infra Cegah Kendaraan Overload di Tol Tamer
Jakarta - Tol Tangerang-Merak yang dikelola Astra Infra memiliki fasilitas yang tidak dimiliki tol lainnya. Fasilitas yang dimaksud adalah jembatan timbang untuk truk yang tertanam di tanah/jalan atau Weigh in Motion (WIM .

Menurut Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalaksakti, Indah Permanasari, menjelaskan alat tersebut dipasang untuk menertibkan kendaraan-kendaraan yang melebihi muatan seharusnya (overload).

"Kendaraan berat harus mengikuti pra inspeksi agar kendaraan sesuai dengan gandarnya. Kami yang pertama kali menginvestasikan alat Weigh in Motion (WIM) tertanam di tanah di jalan tol," ujarnya.

Setelah ditimbang, pengendara truk akan memperoleh struk khusus, jika kendaraan overload mereka diminta untuk keluar dari tol melalui gerbang yang terdekat.

"Kenapa harus dibatasi kendaraan yang overload, karena akan mengganggu kenyamanan jalan lalu lintas dan menghalangi jalan. Dia lah yang menjadi menjadi pemicu kemacetan," ujarnya.

Sejak pertengahan tahun 2013, sensor WIM sudah terpasang pada Gerbang Tol Cilegon Barat. Di tahun 2017, Astra Infra juga kembali melakukan implementasi 2 unit sistem timbangan kendaraan elektronik WIM pada gerbang tol Serang Barat dan Cilegon Timur.

Indah mengaku sebagai operator tol, perusahannya tidak bisa menindak kendaraan yang overload, namun Astra Infra bisa berinisiatif mengeluarkan kendaraan dari tol jika kendaraan mengalami overload.

"Kami mendorong BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) lain melakukan investasi alat timbang ini," ujarnya. (ddn/ddn)

Read More »


Tag :