kompasiana shared an article
November 15, 2017 12:03

Trik Mengecek Odometer Mobil Diputar Mundur atau Tidak

Trik Mengecek Odometer Mobil Diputar Mundur atau Tidak
Jakarta - Mobil dengan kilometer yang rendah memiliki harga jual yang lebih tinggi. Kadang ada pengguna mobil nakal yang memutar odometernya agar km terlihat muda.

Lantas bagaimana cara untuk melihat benar-tidaknya odometer pada mobil bekas?

Dalam hal ini Chief Operation Officer Mobil88, Halomoan Fischer, mengatakan cara termudah untuk mengecek benar atau tidaknya odometer adalah dengan buku servis.

"Paling gampang buku servis. Buku servis, kan ada catatannya," ujarnya saat dihubungi detikOto.

Hanya dengan buku servis menurut Fischer sudah sangat jelas apakah odometer mobil dimainkan atau tidak. Ditambah buku servis itu berasal dari bengkel resmi yang punya data asli dan resmi.

"Kan keliatan dong, misalkan dia servis tiga bulan lalu, km 40.000 masa iya tahu-tahunya jadi 30.000 km. Buku servis kan di cap sama bengkel resmi setelah diisi dicap," tuturnya.

Sedangkan jika mobil tersebut tidak memiliki buku servis atau tidak melakukan perawatan di bengkel resmi, cara untuk melihat apakah odometer dimainkan atau tidak bisa menggunakan jasa tenaga ahli.

"Apabila mau repot bisa dicek ke bengkel-bengkel resmi. Sebenarnya pengecekan bisa dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman," tambah Fischer.

Tapi yang perlu diingat, kadang bisa terjadi mekanik bengkel yang salah menuliskan angka km saat servis. Karena itu Anda harus jeli melihat kartu servis mobil Anda. Lihat baik-baik angka penulisan km-nya agar Anda tidak dituduh memutar odometer kendaraan. (khi/ddn)

Read More »


Tag :