kompasiana shared an article
October 13, 2017 18:00

Tarif Minitrans dan Metrotrans Hanya Rp 3.500

Tarif Minitrans dan Metrotrans Hanya Rp 3.500
Jakarta - Sebentar lagi dua transportasi umum modern Minitrans dan Metrotrans, yang akan menjadi pengganti Metromini dan memiliki peran sama seperti TransJakarta akan resmi beroperasi di Jakarta. Lalu, berapa harga tarif yang dikenakan untuk pengganti Metromini ini, ya?

Berbeda dengan pendahulunya, Otolovers yang ingin menggunakan kedua bus ini tak perlu repot ke halte. Karena mereka akan beroperasi tanpa koridor dan berhenti di setiap bus stop yang telah ditentukan pada rutenya.

Baca juga: Ini Pengganti Metromini di Jakarta

"Harganya tetap seperti TransJakarta yakni Rp 3.500 saja," ujar Hubungan Masyarakat PT TransJakarta, Wibowo, saat dihubungi detikOto, Jumat (13/10/2017).

Tidak sampai di situ, untuk menambah kesan modern dan membuat lebih praktis, pada pengganti Metromini yakni Minitrans dan Metrotrans ini akan disediakan sistem Tapping.

Baca juga: 'Pengganti Metromini Bebas Pengamen'

"Nanti juga sistemnya Tapping on Bus. Bayar saat naik, tidak seperti di halte (tapping terlebih dahulu-Red)," katanya.

Sebagai catatan PT TransJakarta melahirkan Minitrans sebagai salah satu angkutan umum untuk menggantikan fungsi Metro Mini yang telah menemani warga Jakarta beberapa tahun silam yakni sebagai pengumpan atau feeder.

Dalam artian, bus itu akan menjadi angkutan umum yang menghubungkan para penumpangnya dari beberapa titik bus stop ke halte TransJakarta. Bedanya, bus angkut tersebut akan menjadi lebih modern dan seksi pada eksterior dan interiornya.

Sedangkan Metrotrans, merupakan versi besar dari Minitrans. Bila dilihat dari muatannya, jelas Metrotrans lebih panjang dan luas daripada Metro Mini modern milik PT TransJakarta tersebut.

Namun secara fungsi, ternyata angkutan ini cukup berbeda, yakni Metrotrans dapat berfungsi seperti TransJakarta dan bisa menjadi pengganti Metromini yang tidak masuk dalam jalur TransJakarta. (lth/rgr)

Read More »


Tag :