kompasiana shared an article
October 13, 2017 20:00

Sopir Metromini Bisa Pindah ke Minitrans Asalkan...

Sopir Metromini Bisa Pindah ke Minitrans Asalkan...
Jakarta - Setelah diperkenalkan beberapa bulan kemarin, bus sedang dari PT TransJakarta yakni Minitans dan Metrotrans akan beroperasi. Tak hanya pujian yang menghujaninya, kecemasan dan tanggapan pun menghampiri, khususnya dari para pengemudi dan pemilik Metromini.

Menanggapi hal itu, pihak TransJakarta telah menyiapkan beberapa solusi mulai dari pembelian Metro Mini hingga perekrutan mantan sopirnya.

Baca juga: Ini Pengganti Metromini di Jakarta

"Kita sudah kerja sama dengan perusahaan Metromini perorangan. Jadi bus Metromini mereka akan dikasih ke kita, dan akan dibayar Rp 10 juta," kata Wibowo selaku Hubungan Masyarakat PT TransJakarta saat dihubungi detikOto, Jumat (13/10/2017).

Rencananya, dana tersebut akan digunakan oleh pihak perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab ke beberapa sekolah terpilih dengan berkonsep Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca juga: Tarif Minitrans dan Metrotrans Hanya Rp 3.500

"Nanti busnya kita kasih sekolah teknik karena beberapa dari mereka terkendala dengan ketersediaan mesin. Sebagai tanggung jawab kita, Metromini yang telah diberikan tersebut akan kita kasih ke mereka," ujar Wibowo.

Baca juga: 'Pengganti Metromini Bebas Pengamen'

Sedangkan untuk pengendaranya sendiri, PT TransJakarta akan memberikan beberapa pelatihan untuk mengemudikan bus dengan baik dan benar. Nantinya, para mantan sopir Metromini tersebut akan berada di balik kemudi Minitrans.

Baca juga: Asyik, Pengganti Metromini Hadir Tahun Ini

"Untuk sopirnya, nanti dia akan bawa Minitrans tapi harus ikut standar TransJakarta dulu. Sehingga harus dilatih untuk bagaimana membawa bus dengan baik dan benar seperti berhenti di halte, tak lagi di pinggir jalan," tutup Wibowo. (rgr/ddn)

Read More »


Tag :