kompasiana shared an article
April 17, 2018 10:00

Rem Skutik Blong, Minyaknya Harus Diganti

Rem Skutik Blong, Minyaknya Harus Diganti
Jakarta - Salah satu permasalahan sepeda motor matik atau skutik adalah seringnya rem blong saat di turunan. Hal itu karena skutik tidak mempunyai engine brake sehingga hanya mengandalkan rem tangan saja.

Hal tersebut mengakibatkan minyak rem menjadi panas bila terus dilakukan pengereman karena ada gesekan ke cakram. Hasilnya, rem akan blong.

Kalau seperti itu, hal yang harus Otolovers lakukan adalah segera mengganti minyak remnya. Karena, bila hanya dibiarkan saja permasalahan rem blong akan sering terjadi walau tidak berada di turunan.

Baca juga: Rem Skutik Blong, Ini Kata Honda

"Bukan cuma motor Vario saja, khusus untuk matik dia itu tidak ada engine brake. Sehingga hanya mengandalkan rem depan dan belakang saja," papar Technical Training PT Astra Honda Motor Endro Sutarno saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

"Karena itu, dia pakai rem ini terus menerus saat turunan. Sehingga pada keadaan tertentu remnya akan terjadi panas. Maka minyak remnya mendidih karena ada gesekan ke cakram. Timbul-lah angin palsu di selang rem," lanjutnya.

Kalau sudah seperti itu, hal yang tepat dilakukan pertama kali adalah mengistirahatkan motor dan menyiram bagian cakramnya agar cepat dingin. "Kita harus pastikan, kalau remnya panas harus berhenti dahulu. Turun dari motor dan siram bagian cakramnya agar tidak terlalu panas," ucap Endro.

Baca juga: Remnya Blong Motor Skutik Terbang, Untung Ada Benteng Penyelamat

Setelah itu, sangat dianjurkan para pemilik skutik untuk mengganti ulang minyak rem. Karena, angin palsu yang terbentuk tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu. Supaya tidak sering blong meski bukan di jalan turunan.

"Kalau sudah terjadi angin palsu itu, maka minyak remnya harus diganti karena angin palsunya harus dibuang dahulu. Bila hanya dibenarkan saja nanti malah sering blong meski tidak intens memakai remnya seperti saat turunan," tutup Endro. (ruk/ddn)

Read More »


Tag :