kompasiana shared an article
January 07, 2018 19:00

Punya Tampang Unik, Bisa Tebak Harga Jaguar D-Type Ini?

Punya Tampang Unik, Bisa Tebak Harga Jaguar D-Type Ini?
London - Setiap kendaraan tentu memiliki karakteristik uniknya sendiri. Untuk beberapa kasus, hal tersebut menjadi nilai jual yang sangat tinggi. Seperti halnya salah satu mobil terindah yang pernah diproduksi di dunia, Jaguar D-Type. Dengan memiliki tampang unik, ada yang bisa memperkirakan harganya?

Hanya dirakit sebanyak 24 unit (khusus pasar Inggris) pada Desember 1955, salah satu kolektor akan melelang Jaguar D-Type berkelir merah dengan nomor sasis XKD 518. Spesialnya, mobil ini mendapatkan sentuhan khusus karena kelir yang digunakan sangat unik sehingga ia diklaim hanya ada dua saja di dunia (termasuk yang akan dilelang ini).

Awalnya, mobil dikirim ke diler Jaguar-Rover Henlys pada tahun 1950-an untuk dijual. Namun karena beberapa hal, pada akhirnya kunci Jaguar cantik ini diserahkan ke mantan supremo Formula One, Bernie Ecclestone. Tak lama kemudian, Jaguar D-Type diberikan kepada Peter Blond yang kala itu berusia 21 tahun dari ayahnya sebagai hadiah karena tidak minum alkohol atau merokok.

Selama kepemilikannya, Jaguar yang tak ternilai harganya ini dijual ke sepupu Blond pada musim panas tahun 1957. Pada tahun-tahun berikutnya, mobil ini melalu-lalang ke berbagai garasi orang kaya di Inggris dan bahkan sempat muncul di ajang balapan.

Kini, Jaguar D-Type membutuhkan 'orang tua asuh' yang baru dengan cara lelang. Pihak pelelangan memperkirakan roda empat tersebut akan laku di angka antara $10 juta atau $12 juta. Bila dirupiahkan dengan nilai tukar hari ini, itu berarti sekitar Rp 134 sampai Rp 161 miliar. (rgr/ddn)

Read More »


Tag :