beritapolisi shared an article
February 23, 2018 20:01

Pasca Banjir, Polisi Berikan Bantuan Logistik

Pasca Banjir, Polisi Berikan Bantuan Logistik

PASURUAN – Akibat bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Pasuruan Kamis (22/2/2018) pagi, ribuan rumah warga pun terendam dan menghambat aktivitas warga. Polres Pasuruan Kota pun bertindak cepat dengan menerjunkan anggotanya untuk membantu evakuasi warga, maupun membantu para pengguna jalan dan berkoordinasi dengan Polres Kabupaten Pasuruan untuk melakukan pengalihan arus lalin.

Seperti diketahui, akibat luapan air Sungai Welang yang terjadi karena hujan yang terus menerus mengguyur di wilayah Selatan, mulai Rabu (21/2/2018) siang hingga Kamis dinihari, membuat air menggenangi pemukiman penduduk dan memutus ruas jalan akses jalur Pantura, Surabaya – Banyuwangi, tepatnya di Km 56-57 Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Selain memutus jalur Pantura akibat luberan air setinggi satu meter yang menggenangi jalan raya Kraton tersebut, banjir juga menggenangi sebagian wilayah Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Dari data yang ada, korban banjir yang termasuk di wilayah Polsek Kraton, Polres Pasuruan sebanyak 1.287 KK. Sedangkan yang termasuk diwilayah Polsek Gadingrejo, Polres Pasuruan Kota sebanyak 2.187 KK. Selain merendam ribuan rumah, akibat ketinggian air yang berkisar antara 100-150 sentimeter dan menggenangi sepanjang jalur kurang lebih 700 meter, banyak kendaraan R2 maupun R4 mengalami trobel atau mogok, sehingga banyak pengendara yang lebih memilih untuk menunggu air surut, baru melintas. Pihak berwenang dari Satlantas Polres Pasuruan Kota pun terpaksa menutup jalur Pantura Kraton, hingga 8 jam lebih lamanya, hingga dirasa kendaraan bisa melewati genangan air yang cukup deras tersebut.

Pasca musibah banjir tersebut, hari Jumat (23/2/2018) sekitar pukul 14.00 Wib di Kecamatan Kraton dan Kecamatan Gadingrejo, Polres Pasuruan Kota dan Kabupaten melaksanakan Bakti Sosial terhadap para korban banjir akibat luapan Sungai Welang itu. Pihak kepolisian pun menyiapkan bantuan dukungan logistik berupa: Mie instan, beras, air mineral, susu kaleng, biskuit, selimut dan obat-obatan. Selain menyerahkan bantuan logistik, Korps Bhayangkara tersebut juga mengerahkan personil Polres dan Polsek untuk membantu masyarakat yang mengalami musibah banjir.

Menurut Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo, pihaknya akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi samping untuk melakukan bantuan penanggulangan banjir. “Kami juga melakukan patroli bersama Forpimda, untuk memberikan himbauan kepada para korban banjir untuk selalu antisipasi dan waspada terhadap curah hujan yang tinggi, yang bisa mengakibatkan kembali meluapnya Sungai Welang,” terang AKBP Rizal Martomo. (rbt)

Read More »


Tag :