kompasiana shared an article
August 03, 2017 13:00

Mobil Diesel Mulai Dilarang di Mana-mana, Ini Kata Si Raja Diesel

Mobil Diesel Mulai Dilarang di Mana-mana, Ini Kata Si Raja Diesel
Jakarta - Beberapa negara di Eropa bakalan melarang penjualan mobil diesel karena emisi gas buang yang dihasilkan bisa membahayakan kesehatan. Lantas bagaimana dengan salah satu produsen yang hanya menjajakan mobil diesel seperti Isuzu, ya?

Menurut CEO PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Joen Budiputra pelarangan mobil diesel lebih kepada emisinya saja, jika hasil emisi terpenuhi maka tidak akan masalah.

"Ya ada beberapa negara yang concern-nya ke emission kalau emisinya memenuhi ya nggak ada masalah. Di Asia Pasifik kita punya produk contoh di Australia itu berkembang, tahun ke tahun itu increase-nya significantly, kita Isuzu ini di Jepang itu emission six (Euro6)," ungkap Joen di Jakarta.

Menurutnya dampak signifikan dari wacana pelarangan tersebut belum terasa di tubuh Isuzu karena pihaknya masih memasok mesin diesel yang digunakan untuk merek-merek di bawah GM.

"Kalau kita lihat GM ini masih tetap order engine dari Isuzu, makanya saya bilang prinsipal kita lagi plan basis Isuzu di India akan jadi basis produksi untuk GM order," lanjut Joen.

Ia menambahkan masa depan otomotif adalah mengembangkan mobil bertenaga listrik dan juga hybrid sehingga langkah tersebut juga harus diikuti oleh Isuzu. Dengan adanya mesin hybrid pun tak akan menyetop Isuzu dalam menjual mobil dieselnya.

"Nggak dong kan ada hybrid diesel," jelasnya. (dry/ddn)

Read More »


Tag :