kompasiana shared an article
June 06, 2018 20:00

Meski Produk China, Pekerja Luar Negeri di Sokonindo Cuma Sedikit

Meski Produk China, Pekerja Luar Negeri di Sokonindo Cuma Sedikit
Bandung - Meskipun produknya dari China, PT Sokonindo Automobile (Sokon) menjamin bahwa komposisi pekerja asing yakni yang berasal dari China tidak lebih dari 10 persen. Hal tersebut mengacu pada pekerja yang berada di pabrik Sokon di Cikande, Banten, Serang.

Baca juga: Setelah IIMS 2018, Ini Langkah dari Glory 580

"Dipabrik kita ini tidak lebih 10 persen dari China. Itupun hanya untuk posisi-posisi manajemen yang tidak bisa kita pegangin khususnya ini sesuai kepentingan stakeholder. Lihat saja di pabrik kita di Cikande, pada floor produksi semuanya orang Indonesia dan banyak juga pekerja wanita disana," ucap Alexander Barus selaku CE-CEO Sokon saat berikan keterangan kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018).

Dirinya menambahkan, soalnya ketika perusahaan melakukan investasi yang besar tidak mungkin mereka melepas perusahaannya begitu saja dioperasikan 100 persen oleh orang lokal. Harus ada beberapa manajer pusat yang bertugas di negara tujuan tersebut.

Baca juga: Mobil China Glory 580 Pepet Harga Rush dan BR-V

"Karena tidak mungkin kan mereka (Sokon pusat) sudah mengeluarkan investasi besar tapi dilepas semua ke kita. Jadi ada beberapa dari pihak pusat yang ke sini. Namun tidak banyak, kurang dari 10 persen kok dibandingkan oleh pekerja dalam negerinya," kata Barus.

"Ini kami training mereka (para pekerja dalam negeri) dari SMK untuk mengoperasikan semua hal di pabrik kita. Karena pabrik kita ini mendekati 4.0 dan robotik system. Sehingga kualitas konsistensi dan presisinya bisa kita pegang. Itulah ciri khas dari produk-produk dari pabrik seperti ini," lanjutnya.

Baca juga: Sokon Sebut Harga Mobil di RI Kemahalan, Apa Kata Wuling?

Maka, Barus mengklaim meskipun produk DFSK Glory 580 dari China dan sebagian besar komponennya masih berasal dari negara asalnya, bisa dikatakan bahwa mobil-mobil yang dibuat di dalam negeri adalah buatan anak bangsa.

"Konten lokal di DFSK Glory 580 sekarang masih 20 sampai 30 persen. Nanti akan menaik terus mungkin sampai 40 persenan. Jadi bisa dikatakan, ini adalah mobil rakitan Indonesia," tutupnya. (ruk/lth)

Kontak Informasi Detikcom Redaksi: redaksi[at]detikoto.com Media Partner: promosi[at]detik.com Iklan: sales[at]detik.com

News Feed

MOST POPULAR MOST COMMENTED

Read More »


Tag :