kompasiana shared an article
August 13, 2017 09:00

Mau Pakai Teknologi Listrik dan Hybrid di Civic Type R, Honda?

Mau Pakai Teknologi Listrik dan Hybrid di Civic Type R, Honda?
Tangerang - Honda punya hot hatch berperforma tinggi, Civic Tpe R. Civic Type R generasi terbaru ini menggunakan mesin 2.0 liter turbocharger.

Namun, saat ini beberapa negara di dunia mulai menerapkan standar emisi yang ketat. Tak heran beberapa pabrikan mobil sport pun mengembangkan teknologi ramah lingkungan, seperti hybrid dan listrik. Lantas, apakah Honda juga akan mengembangkan teknologi hybrid dan listrik untuk Civic Type R?

"Filosofi dari Type R adalah lebih ringan, lebih cepat. Jadi kalau nanti ada powertrain misalnya elektrik dapat memenuhui kriteria lebih ringan, lebih cepat, dan powerful, kami memikirkan untuk itu," kata Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Civic Type R Honda R&D Co., Ltd. Hideki Kakinuma di GIIAS 2017 di ICE, BSD City, Tangerang.

Honda, kata Kakinuma, sebenarnya sudah mulai mengembangkan dan memiliki teknologi ramah lingkungan di segmen lain. Jadi, kendaraan ramah lingkungan Honda seperti hybrid, listrik dan hidrogen sudah diwakili oleh jenis mobil lainnya. Sementara untuk mobil performa tinggi seperti Honda Civic Type R masih menggunakan mesin bakar.

"Untuk mobil biasa kan sudah ada hybrid-nya. Masing-masing ada tujuannya. Type R memang tujuannya sport, kecepatan. Untuk saat ini belum ada pemikiran untuk memaksakan hybrid ke Type R. Karena tujuannya bukan itu," ucap Kakinuma. (rgr/dry)

Read More »


Tag :