kompasiana shared an article
April 17, 2018 15:00

Honda Kembangkan Vario Anyar 2 Tahun, Tapi Cukup Sulit

Honda Kembangkan Vario Anyar 2 Tahun, Tapi Cukup Sulit
Jakarta - Sebelum mengaspal di Indonesia, All New Honda Vario 125 dan 150 sebelumnya dikembangkan selama dua tahun terlebih dahulu. Jangka waktu tersebut terbilang lebih singkat dibanding pengembangan sepeda motor lainnya.

Apalagi dalam pengembangan motor itu, pihak Indonesia cukup terlibat. Hal tersebut dipaparkan oleh Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma.

Baca juga: Tanpa Engkol, Pengguna Honda Vario Harus Rajin Cek Aki

Pengembangan platform, mesin, suspensi, dan teknologi terkini di skutik Honda Vario hanya dalam 2 tahun. "Untuk development Honda Vario ini lebih dari dua tahun (sekitar itu). Dimana, ini lebih singkat dibanding standar model lainnya," katanya kepada wartawan.

"Namun model ini cukup sulit untuk dikembangkan mulai dari platform, mesin, suspensi, atau ketika akan disematkan smart key atau tidak-nya. Banyak hal yang kami diskusikan untuk Vario agar sesuai dengan konsumen Indonesia," tambah Inuma.

Dirinya memaparkan pengembangan skutik terlaris dari Honda ini tidak lepas dari kontribusi teknisi dan R&D dalam negeri. Tapi ia tidak bisa memaparkan secara rinci dan pasti untuk persentase kontribusinya.

Baca juga: Honda Vario Sudah Bisa Dipesan, Varian 125 cc Baru Ada Bulan Mei

"Engineer Indonesia ada yang dilibatkan, terutama dalam mendesain. Karena kontribusi dia sangat penting. Namun cukup sulit bila menghitungnya dengan angka, yang jelas kami selalu berdiskusi bersama. Kadang, Johannes Loman, Thomas, Kimura (manajemen AHM Indonesia), dan saya berdiskusi dan mengambil keputusan untuk ide desain motor di Indonesia dan mengajukannya ke prinsipal Jepang," ucap Inuma.

Tentu, di beberapa titik pasti ada perdebatan singkat dalam pengembangan skutik Vario. Misalnya gaya desain motor, hingga fiturnya.

"Sisi total desain yang cukup penting. Misalnya kami pikir styling desainnya tidak keren, kita tidak akan mau menjualnya, dan konsumen tidak akan mengapresiasi ketika desain motornya tidak keren. Jadi, penampilan, total desain, styling, itulah yang terpenting bagi saya. Karena pertama kali lihat motor, setidaknya konsumen dan peminat skutik bisa langsung menyukainya," tutup Inuma. (ruk/ddn)

Read More »


Tag :