kompasiana shared an article
June 03, 2018 05:00

Donald Trump Dilaporkan Ingin Larang Mobil Jerman Masuk Amerika

Donald Trump Dilaporkan Ingin Larang Mobil Jerman Masuk Amerika
Washington - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, disebut akan memblokir mobil Jerman di negaranya. Mobil Jerman disebut akan dilarang beredar di Amerika Serikat.

Diberitakan CNBC, Minggu (3/6/2018), kabar itu mencuat dari laporan eksklusif oleh majalah Jerman, WirtschaftsWoche. Majalah itu mengutip beberapa diplomat Eropa dan Amerika yang tidak disebut namanya.

Baca juga: Trump Buka Lagi Peluang Pertemuan dengan Kim Jong Un 12 Juni

Majalah bisnis mingguan itu melaporkan, Donald Trump menyatakan keinginannya itu saat menerima kunjungan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, bulan lalu untuk mempertahankan kebijakan perdagangannya. Dia bertujuan menghentikan beredarnya mobil Mercedes-Benz di Fifth Avenue di New York.

Sayangnya, laporan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kebijakan tersebut.

Laporan itu muncul kurang dari dua pekan setelah Departemen Perdagangan Amerika menginvestigasi impor mobil yang dapat menyebabkan kenaikan tarif impor hingga 25 persen.

Baca juga: Melihat Lagi Mobil Putin dan Trump yang Aman dari Serangan Bom

Pihak Mercy menolak mengeluarkan pernyataan. Pihak Gedung Putih juga tidak segera mengomentari laporan tersebut. Donald Trump sendiri akhir Mei lalu pernah ngetweet bakal ada kabar bagus untuk produsen mobil Amerika. Dia tidak menyebutkan kabar itu apa, namun apakah soal pelarangan mobil mewah Jerman itu.

[Gambas:Twitter]

Jerman merupakan eksportir mobil terbanyak ke Amerika Serikat. Mungkin itu yang membuat Trump bete.

"Ketika Anda berjalan di Fifth Avenue, semua orang punya mobil Mercedes-Benz diparkir di depan rumahnya. Anda tidak adil kepada Amerika, tidak saling menguntungkan. Berapa banyak mobil Chevrolet yang Anda lihat di Jerman? Tidak banyak, mungkin tidak ada. Anda tidak melihat satu pun di sana. Itu hanya pasar satu arah saja," ujar Trump beberapa waktu lalu dalam sebuah komentar di media Jerman, Bild.

(rgr/ddn)

Baca Juga

Kontak Informasi Detikcom Redaksi: redaksi[at]detikoto.com Media Partner: promosi[at]detik.com Iklan: sales[at]detik.com

News Feed

MOST POPULAR MOST COMMENTED

Read More »


Tag :