kompasiana shared an article
February 14, 2018 09:00

Cerita Suhartini Jadi Ojek Cinta Buat Anaknya yang Spesial

Cerita Suhartini Jadi Ojek Cinta Buat Anaknya yang Spesial
Jakarta - Mencintai seseorang jelas membutuhkan pengorbanan, jangankan harta dan tenaga, jiwa dan raga pun siap diberikan untuk seseorang yang kita cintai. Setidaknya itulah ungkapan Suhartini untuk anak kesayangannya Arief Dwi Ramadani yang berkebutuhan khusus.

Meski demikian Suhartini tidak menyerah dan tetap bersyukur atas apa yang dititipkan sang pencipta untuk dirinya.

Dengan penuh dedikasi Suhartini pun rela menjaga, merawat bahkan mengantar Arief kemana saja dan menjadi 'Ojek Cinta' mengantar Arief kemana pun.

Cerita Suhartini Jadi Ojek Cinta Buat Anaknya yang SpesialFoto: Grandyos Zafna

"Saya rela mengantar anak saya," ujar Suhartini dengan nada pelan saat ditemui detikOto.

Suhartini setiap hari mengantar dan menunggu Arief bersekolah di SLB - B Frobel Montessori di Jl. Condet Bale Kambang Gang Masjid Al-Mabruk No. 63, Condet, Kramat Jati, RT.11/RW.3, Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur.

"Kalau tidak diantar dan jemput sendiri akan keluar biaya lebih banyak, dan saya belum percaya kepada orang lain," tambah Suhartini soal kebiasannya dia nganter dan jemput Arie.

"Soalnya anak saya belum lancar ngomong (berbicara), saya takut Arief kabur, takut dia minta apa kepada orang lain, saya takut Arief suka jajan sembarangan dan akan susah dilarang. Kalau jajan sembarangan Arief suka sakit (mudah sakit-Red), seperti batuk, pilek, dan Arief punya radang paru-paru takutnya sakit lagi," ucap ibu dua anak ini.

Cerita Suhartini Jadi Ojek Cinta Buat Anaknya yang SpesialFoto: Grandyos Zafna

Suhartini malah merasa bangga saat menjadi 'Ojek Cinta' untuk Arief, karena selalu bisa menemani ke mana pun Arief pergi, dan bisa menjalankan titipan tuhan kepada dirinya.

"Saya bangga bisa mengantar Arief, ke mana pun Arief ingin pergi. Saya tidak malu, karena ini titipan Allah SWT, Saya terima dengan ikhlas. Saya tidak pernah terpikir meminta timbal balik, ini semua saya lakukan buat anak," ujar Suhartini.

Meski menjadi 'Ojek Cinta', Suhartini mengatakan tidak melupakan kewajiban dirinya menjadi seorang ibu rumah tangga. Karena berbagai aktivitas sehari-hari tetap dilakukan, dan Arief mengerti untuk tidak membuat membuat kegaduhan.

"Selain menjaga Arief, kesibukan saya setiap harinya masak, nyuci, menggosok. Semuanya dilakukan, selain itu Saya antar-jemput sekolah Arief dan terapi, sekaligus menunggu Arief pulang," ucap Suhartini.

Dengan lembut, Suhartini mengatakan tidak ada merasa repot mengerjakan semuanya.

"Merasa repot? Tidak juga, Saya lakukan semampu saya. Selain itu saya juga membagi waktu dengan suami. Seperti sebelum Arief sekolah dan saya antar naik motor, bapaknya pakaikan baju, dan saya memasak dan menyiapkan sarapan," kata Suhartini.

"Saya tidak merasa capek, memang saya terkadang punya perasaan gitu. Tapi saya tidak malu, karena masih banyak temannya Arief," ujar Suhartini sambil melemparkan senyum.

Namun Suhartini mengakui, bahwa diri manusia biasa yang terkadang merasa sedih saat ada yang melihat Arief dengan pandangan berbeda.

"Kadang memang ada anak-anak yang melihat Arief suka menghindar, ya di saat hati panas terkadang Saya juga suka kesal dan memberitahukan kepada anak-anak tersebut dengan pelan untuk tidak seperti itu. Karena Arief sama saja seperti yang lainnya," ujar Suhartini dengan tatapan mata yang dalam.

"Tapi banyak yang sayang Arief juga, selain itu banyak orang yang bilang kepada saya, yang sabar ya bu," katanya.

[Gambas:Video 20detik]

(lth/ddn)
Read More »


Tag :