kompasiana shared an article
March 14, 2018 17:01

10 Tahun Minim Perubahan, Nissan Yakin Livina Masih Oke

10 Tahun Minim Perubahan, Nissan Yakin Livina Masih Oke
Tangerang - Sejak lahir 5 April 2007, mobil keluarga besutan Nissan, Grand Livina sempat bikin geger. Mobil membuat panas di segmen tersebut.

Namun setelah hampir sepuluh tahun lebih, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) belum memberikan sentuhan signifikan pada MPV-nya tersebut Dengan minim ubahan, Grand Livina dinilai masih bisa bersaing dengan beberapa model mobil keluarga baru seperti Xpander maupun Wuling Cortez. Vice President of Marketing and Sales PT Nissan Motor Indonesia Davy J. Tuilan masih percaya diri terhadap produknya itu.

Baca juga: Grand Livina Special Version Mulai Rp 220,7 Juta

"Menurut saya, segala sesuatu akan terjawab dari penjualan. Di bulan Desember, Grand Livina masih laku 600-an unit," tuturnya kepada wartawan di Serpong, Tangerang.

Baca juga: Mobil MPV Ini Bukukan Angka Konsumsi BBM 1:25

"Sebenarnya tidak ada pakem-pakem lifecycle untuk 10 tahun untuk 5 tahun, itu strategi dari masing masing company. Dengan torehan 600-an unit Grand Livina, saya rasa masih oke. Banyak kok tipe-tipe lain dan merek lain yang anda lihat sudah 10 tahun," kata Davy.

Baca juga: Nissan Tolak Kalau MPV-nya 100 Persen Mirip Xpander

Mengutip data penjualan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), semenjak 2015 lalu popularitas Grand Livina terus turun. Pada 2016, Livina terjual 5.309 unit, menurun dari angka 8.283 di 2015. Sedangkan tahun kemarin, MPV dari Nissan ini tidak masuk ke jajaran 20 mobil terlaris sepanjang 2017.

Baca juga: Yang Unik di Stadion Sepakbolanya Egy Maulana, Ada Flying Fox

"Secara policy, kami tidak bisa bicara tentang produk masa depan (all new Grand Livina). Tapi yang pasti kami terus berupaya memberikan produk terbaik untuk masyarakat Indonesia," tanggap President Director NMI, Eiichi Koito terkait All New Grand Livina.

(ruk/ddn)

Read More »


Tag :